ENHANCING VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENTS’ READING SKILLS USING JEOPARDY GAMES

Game Jeopardy adalah game umum bagi pemain untuk bersaing mendapatkan skor tertinggi. Meskipun demikian, game ini dapat dimodifikasi untuk memberikan siswa permainan interaktif yang menyenangkan, menarik, dan menantang untuk kegiatan pembelajaran. Penggunaan permainan Jeopardy dalam peningkatan kegiatan belajar mengajar sangat banyak, sedangkan penggunaan Jeopardy di SMK masih sedikit. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui implementasi permainan Jeopardy dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa SMK. Penelitian tindakan kelas dilakukan untuk mengamati peningkatan siswa dalam membaca setelah menerapkan permainan Jeopardy dalam kegiatan membaca. Kuesioner tertutup tentang bagaimana permainan jeopardy mempengaruhi proses dan kegiatan pengajaran dilakukan untuk mendapatkan data kuantitatif. Observasi, refleksi, kuesioner terbuka, dan FGD dikumpulkan untuk memperkuat hasil data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menunjukkan pemahaman bacaan yang lebih baik dari hasil tes diagnostik, siklus I, dan siklus II; skor rata-rata 5,76, 6,48, dan 7,28. Siswa juga melaporkan bahwa mereka termotivasi dan cenderung membaca lebih banyak. Sebagai kesimpulan, siswa menyatakan bahwa mereka mengalami beberapa peningkatan dalam pembelajaran kooperatif dan strategi membaca. Implikasi dari penelitian ini dibahas pada akhir artikel ini.
 
Kata kunci: penelitian tindakan kelas; kemampuan membaca; permainan bahaya; permainan interaktif; sekolah menengah kejuruan
 
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/languageliteracy/article/view/6171
 
Penelitian ini dilakukan oleh Mr. Yoannes Yuka Krisdianata, Guru Bahasa Inggris di SMK BOPKRI 2 Yogyakarta, pada Bulan Juli – September 2022.